Jumat, 28 September 2012

Cara Budidaya Bougenvile (1)


Bunga Bougenville atau sering disebut dengan bunga kertas merupakan nama salah satu bunga yang banyak tumbuh disekitar kita   Bunga ini mempunyai karakteristik yang unik dan menarik serta patut kita ambil hikmahnya untuk kehidupan kita sehari hari ia akan tumbuh bunga warna warni yang indah dikala musim panas/ kemarau dan kemudian ia akan menggugurkan bunganya disaat musim hujan datang,  kemudian akan tumbuh tunas-tunas daun baru  yang segar dan menyejukan pandangan. 


Kita dapat berkreasi dengan bunga bougenvil. yaitu dengan memberikan warna bunga dan daun yang berbeda pada sebuah pohon Bougenvil.  Sehingga kalau sedang berbunga, satu pohon bisa beraneka warna daun dan bunga.  Saya telah mencoba sendiri, hasilnya sangat menarik dan mempunyai nilai jual yang cukup lumayan.  Sebuah Pohon Bougenfil setinggi 40 Cm dengan batang berdiameter kurang lebih 6 Cm, terdiri dari 7 jenis warna dan daun saya jual seharga Rp. 50.000,-..  Modal yang kita butuhkan hanya Pot, dan perlengapan sambung pucuk. Berikut saya sampaikan cara Penanaman dan penyambungannya semoga bermanfaat. 


1.   Siapkan batang batang bougenvill untuk  kita tanam dengan cara stek batang.  Batang Bougenviil dengan kesan tua berikal , banyak bercak bercak, atau bekas sayatan akan kelihatan  lebih bagus. Carilah Batang bougenvil  dengan warna yang berbeda kemudian tandai batang batang tersebut.  Untuk warna bougenvil yang saya tahu adalah warna Merah, Putih, Orange, Ungu, Kuning, Pink, Merah tua, merah muda, putih susu, putih kapas dan ungu muda.  Namun jika kita belum berhasil mendapatkan semua warna diatas, kita bisa menanam satu jenis warna saja dulu.
2.    Siapkan Media Tanam berupa Campuran Pupuk Kandang yang sudah membusuk dan menjadi tanah dengan Tanah gembur  di dalam Pot  berukuran sedang ( Diameter 30 Cm ) . Tancapkan Batang Batang Bougenvil sedalan 10 Cm, dan pathok dengan bilahan bamboo agar tidak bergeser.
3.       Tempatkan di tempat yang teduh dan kering ( Jangan terlalupanas dan jangan terlalu lembab. )
Kurang lebih 20 Hari , Batang bougenvil sudah mulai bertunas.  Dari tunas tunas muda inilah kita bikin bougenvil menjadi aneka warna.  Lakukan sambung pucuk terhadap masing masing Tunas sesuai dengan kreasi kita.  Berikut adalah cara sambung pucuk Bougenvil    : 
Bahan / alat      :
1.        Pisau cutter / sillet
2.        tali Rafia
3.        Seember air
4.        Plastik berukuran panjang ( biasa di gunakan untuk bungkus es lilin . )
Cara Penyambungan    :
1.     Pilihlah pucuk tunas muda sebanyak warna yang kita mau. Masukan dalam ember berisi air, agar tidak layu.
2.   Potong  tunas  di Pohon induk  dengan cutter, belah tengah tengah tunas sedalam ¾ Cm, ambil pucukan tunas sayat , bagian kiri kanan batang tunas sehingga menjadi pipih.
3.       Masukan ke dalam belahan Tunas di Pohon induk, ikat dengan tali raffia .
4.   Isi plastic es dengan air , lalu buang , hingga di dalam plastic masih ada titik titik air , tutup  hasil sambungan tadi dengan plastic dan ikat plastic sebelah bawah.
5.       Biarkan beberapa hari.
6.     Setelah empat  hari lepaskan plastic penutup, biarkan beberapa  saat, jika tunas sambungan menjadi layu tutup lagi dengan plastic.
7.        Kurang lebih 10 hari tunas akan berkembang, dan tumbuh daun baru,
Penyambungan yang gagal biasanya karena kita tergesa gesa melepas plastic penutup . 
Bougenvill biasanya akan berbunga setelah Tunas tunas akan berubah menjadi batang batang / ranting yang keras, dan daun daun sudah menjadi tua.  Untuk  membuat Bougenvil menjadi berbunga Keringkan Pot beberapa hari sampai hampir layu dan daun mulai rontok , baru kita siram dengan air, dan tambahkan pupuk penyubur. 

0 komentar:

Posting Komentar